Kamis, 31 Maret 2011

GEREJA KATEDRAL

                Jika kita berbicara tentang Gereja katedral maka kita akan ingat dengan gereja yang khas dengan agama khatolik, gereaja katedral adalah gereja khatolik pertama di dunia yang berpusat di roma dan merupala Gereja Kristen terbesar di dunia, dan mengklaim memiliki semilyar anggota, yakni kira-kira setengah dari seluruh umat Kristiani dan seperenam dari populasi dunia.
 pemimpin spiritual Gereja Katolik menganggap Uskup Roma sebagai penerus St. Petrus. Demikian pula umat Katolik meyakini bahwa paus adalah Wakil Kristus, sedangkan komunitas-komunitas beriman lainnya tidak mengakui Primasi Petrus di antara para uskup. Jawatan paus disebut "kepausan"; yurisdiksi gerejawinya disebut "Tahta Suci" (Bahasa Latin: Sancta Sedes) atau "Tahta Apostolik" Para uskup terdahulu yang menduduki Tahta Keuskupan Roma digelari "Wakil Petrus"; di kemudian hari para Paus diberi gelar yang lebih berwibawa yakni Wakil Kristus
 Marselinus (wafat 304) adalah Uskup Roma pertama yang menggunakan gelar Paus. Pada abad ke-11, setelah Skisma Timur-Barat, Gregorius VII menyatakan istilah "Paus" dikhususkan bagi Uskup Roma. Yang menjabat sebagai Paus saat ini (yang ke-265) adalah Paus Benediktus XVI, yang terpilih pada tanggal 19 April 2005 dalam konklav kepausan, menggantikan Paus Yohanes Paulus II yang wafat pada tanggal 2 April 2005.
Dasar institusional Gereja Katolik adalah pribadi dan ajaran-ajaran Yesus Kristus  . seperti yang tercantum dalam keempat Injil karya Matius, Markus, Lukas dan Yohanes. Injil-Injil tersebut menggambarkan Yesus sebagai seorang tukang kayu Yahudi dari galilea yang dijanjikan sebagai mesias,( juru selamat)
Dalam gereja khatolik bunda maria sangat dihormati karena, Umat Katolik menempatkan Maria sebagai tokoh yang khusus di antara orang kudus dan mendapat penghormatan yang istimewa di dalam Gereja Katolik. Penghormatan ini dilakukan karena Maria adalah Ibu dari Tuhan Yesus (Luk 2 : 6-7),
Maria mengandung bukan dari Yusuf tetapi dari Roh Kudus (Mat 1 : 18-25),
 Maria adalah orang yang penuh rahmat (Luk 1 : 28, 30),
 Maria sangat setia pada Allah (Luk 1 : 38)
 dan Maria sangat istimewa di dalam kehidupan Yesus (Yoh 19 : 27)

Dengan demikian, Maria menjadi teladan bagi umat Katolik. Umat Katolik juga percaya bahwa Maria pada akhir hidupNya telah diangkat ke dalam kemuliaan surgawi dengan jiwa dan raganya.
Sebelum wafat di salib, Tuhan Yesus mengatakan kepada murid kesayanganNya sekaligus mengingatkan seluruh umat Kristiani, "inilah Ibumu." (Yoh 19 : 27)
Dari ayat – ayat diatas sudah jelas disebutkan kenapa bunda maria juga disembah oleh umat khatolik, dan doa – doa yang ada pada gereja khatolik sebagiannya merupakan doa kepada bunda maria, seperti ,:
Kidung Maria
Puji Syukur, 1992, No. 18
Aku mengagungkan Tuhan
   hatiku bersukaria karena Allah Penyelamatku.
Sebab Ia memperhatikan daku,
   hamba-Nya yang hina ini.
Mulai sekarang aku disebut yang bahagia,
   oleh sekalian bangsa.
Sebab perbuatan besar dikerjakan bagiku oleh Yang Mahakuasa,
   kuduskanlah nama-Nya.
Perkasalah perbuatan tangan-Nya,
   dicerai-beraikan-Nya orang yang angkuh hatinya.
Orang yang berkuasa diturunkan-Nya dari takhta,
   yang hina dina diangkat-Nya.
Orang lapar dikenyangkan-Nya dengan kebaikan,
   orang kaya diusir-Nya pergi dengan tangan kosong.
Menurut janji-Nya kepada leluhur kita,
   Allah telah menolong Israel hamba-Nya.
Demi kasih sayang-Nya kepada Abraham serta keturunannya,
   untuk selama-lamanya.
Kemuliaan ...
 Doa – doa dalam umat khatolik juga beragam , seperti:
 doa rosario, Pengakuan Iman (Syahadat Para Rasul), Pengakuan Iman (2)
(Hasil Konsili Nikea Konstantinope
l)

demikian penjelasan dari saya , jika ada yang kurang ,saya mohon kritik dan sarannya
terima kash , GBU

sumber:
id.wikipedia.org/wiki/Gereja_Katolik_Roma
Alkitab


editing by : hendra

Tidak ada komentar:

Posting Komentar