Rabu, 01 Desember 2010

BAB 3 . PEMUDA DAN SOSIALISAS



1.INTERNALISASI BELAJAR DAN SPESIALISASI
Masa remaja merupakan masa transisi dan secara psikologis sangat problematis, masa ini memungkinkan mereka berasa dalam anomi(keadaan tanpa norma dan hukum) yang berakibat terjadinya penyimpangan atau kecendrungan melakukan pelanggaran. Oleh sebab itu bimbingan orang tua sangat diperlukan untuk mensuport para remaja kearah yang positif.
2 . PEMUDA DAN IDENTITAS
Pemuda adalah suatu generasi yang dipundaknya terbebani bermacam – macam harapan, terutama dari generasi lainnya. Pembinaan sangat diperlukan untuk pengembangan generasi muda pola dasar pembinaan dan penggembangan disusun berlandaskan:
            1 . landasan idiil                             : pancasila
            2 . landasan konstitusional          : UUD 1945
            3 . landasan strategi                      : garis – garis besar haluan negara
            4 . landasan histori                        : sumpah pemuda 1928  dan proklamasi
                                                                          Kemerdekaan 17 agustus 1945

            5 . landasan normatif                    : etika, tata nilai dan tradisi luhur yang
                                                                          Hidup dalam masyarakat
1)       Potensi-potensi Generasi Muda / Pemuda
Potensi-potensi yang terdapat pada generasi muda perlu dikembangkan adalah :
a)   Idealisme dan daya kritis
Secara sosiologis generasi muda belum mapan dalam tatanan yang ada.
b)  Dinamika dan kreatifitas
Adanya idealisme pada generasi muda.
c)   Keberanian mengambil resiko
Perubahan dan pembaharuan termasuk pembangunan, mengandung resiko dapat meleset, terhambat atau gagal.
d)  Optimis dan kegairahan semangat
Kegagalan tidak menyebabkan generasi muda patah semangat.
e)   Sikap kemandirian dan disiplin murni
Generasi muda memiliki keinginan untuk selalu mandiri dalam sikap dan tindakannya.
f)    Terdidik
Walaupun dengan memperhitungkan faktor putus sekolah, secara menyeluruh generasi muda secara relatif lebih terpelajar karena lebih terbukanya kesempatan belajar dari generasi pendahulunya.
g)  Keanekaragaman dalam persatuan dan kesatuan
Keanekaragaman generasi muda merupakan cermin dari keanekaragaman masyarakat kita.
h)  Patriotisme dan nasionalisme
Pemupukan rasa kebanggaan, kecintaan dan turut serta memiliki bangsa dan negara di kalangan generasi muda.
i)     Sikap kesatria
Kemurnian idealisme, keberanian, semangat pengabdian dan pengorbanan serta rasa tanggung jawab sosial yang tinggi.
j)     Kemampuan penguasaan ilmu dan teknologi
Generasi muda dapat berperan secara berdaya guna dalam rangka pengembangan ilmu dan teknologi bila secara fungsional.


















Tidak ada komentar:

Posting Komentar